4 Makanan Daerah Ini Sudah Mulai Sulit Untuk Ditemui

makanan daerahPernahkah Anda yang sekarang berpikir bahwa sangat sulit untuk menemukan makanan yang dulu saat masih kecil sering dimakan? Hmm, ternyata bukan hanya hewan saja yang bisa langka tetapi makanan juga. Waktu kecil, mungkin Anda belum menemukan makanan modern seperti burger, pizza, dan spaghetti namun pasti Anda lebih sering makan makanan daerah. Seiring bergantinya zaman malah semakin sulit untuk menemukan makanan asli Indonesia. Beberapa makanan berikut ini mungkin akan mengingatkan Anda akan masa kecil.

1. Nasi Tiwul

Makanan ini sudah sangat sulit untuk ditemukan dan bahkan di beberapa daerah sudah tidak bisa ditemukan lagi. Makanan daerah ini berasal dari Wonogiri dan berbahan baku singkong yang dikeringkan dan ditumbuk. Dulu nasi thiwul ini digunakan sebagai makanan pokok karena dianggap lebih murah dan bisa menyembuhkan penyakit maag. Nasi ini disajikan dengan sayuran pedas, lalapan, urap dan ikan goreng.

2. Semanggi Surabaya

Sesuai dengan namanya, makanan daerah ini berasal dari Surabaya. Bahan yang digunakan hanyalah daun semanggi dan kecambah yang direbus dan di tambahkan dengan bumbu yang berwarna coklat tua mirip bumbu lotek dengan bahan terasi, petis udang,  kacang tanah, ubi jalar. Umumnya disajikan dengan daun pisang sebagai tempatnya dan kerupuk puli sebagai pendamping makanan. Saat ini sudah tidak mudah lagi untuk menemukan makanan ini bahkan di Surabaya sendiri, alasannya karena sudah sulit  menemukan daun semanggi.

3. Gula Puan

Makanan daerah dari Palembang ini benar-benar sudah sulit dijumpai, bahkan katanya hanya ada satu orang saja yang menjualnya. Gula puan adalah makanan yang mempunyai cita rasa manis dan terbuat dari susu kerbau dan gula pasir. Proses pembuatannya juga memakan waktu yang cukup lama, sekitar 3-4 jam. Enaknya makanan ini dicampurkan dengan roti tawar atau bisa dimakan begitu saja.

4. Jaha (ketan bambu)

Jaha adalah makanan daerah khas Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Membuat jaha sebenarnya tidas sulit, cukup dengan mencampurkan beras ketan dengan bumbu rempah-rempah yang sudah termasuk jahe dan diendapkan dengan santai yang terbuat dari kelapa. Jaha biasanya disantap dengan menu lain seperti daging sapi, kerbau, ikan dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *