4 Makanan Khas Lezat Dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Image result for Jambi CitySiapa yang tak suka makan? Makan adalah kebutuhan wajib manusia yang harus terpenuhi. Nah, di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali banyak makanan khas yang lezat dan nikmat dari berbagai daerah. Apalagi, jika Anda adalah seorang travelista maka hukumnya wajib mencicipi setiap makanan khas dari daerah yang sedang di kunjungi. Indonesia memang kaya akan budaya dan makanannya. Beberapa makanan asli Indonesia juga terkenal sampai luar negeri karena kelezatannya. Nah, jika sedang berkunjung di beberapa daerah berikut ini jangan lupa untuk mencicipi makanannya.

Mie Aceh

Aceh adalah provinsi yang terletak di ujung utara Indonesia. Makanan khas paling terkenal dari Aceh adalah mie Aceh, Hidangan ini sudah sangat terkenal di seluruh antero Indonesia dan sudah banyak yang menjualnya dimana-mana. Jadi, tak perlu repot-repot ke Aceh jika ingin mencicipnya. Isi mienya terdiri dari mie kuning, daging sapi danging kambing, udang, cumi-cumi. Biasanya disajikan dalam dua jenis, yaitu mie rebus dan mie goreng.

Bika Ambon

Walau ada nama “Ambon” tetapi bika Ambon ini adalah makanan khas yang bersalah dari Medan, Sumatera Utara. Bika ini termasuk kedalam hidangan penutup atau bisa juga dijadikan cemilan karena sebenarnya makanan ini termasuk dalam jenis kue-kuean. Dibuat dari bahan seperti telur, gula, dan santan yang punya aroma wangi pandan. Jangan lupa membeli ini sebagai oleh-oleh jika ke Medan.

Gulai Patin Jambi

Jambi memang terkenal akan ikan patinnya. Salah satu makanan khas terbuat dari ikan patin adalah gulai patin Jambi. uniknya, gulai ini dibuat dari tempoyak, yaotu daging buah durian yang difermentasikan. Tetapi banyak juga orang yang mengganti tempoyak dengan santai kelapa karena untuk menggantikan bau dan rasa tempoyak yang menyengat karena berasal dari durian.

Pendan

Makanan khas Bengkulu adalah pendan yang mana kerap jadi incaran para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Apalagi jika sudah lebaran, pendap akan di jual dimana-mana dan akan selalu laku. Dibuat dari bebagai macam bahan seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling yang dicampur merata bersamaan dengan parutan kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *