4 Makanan Sunda Lezat dan Nikmat

masakan sundaMasakan sunda memang sudah terkenal dari dulu dan salah satu makanan tradisional yang populer diantara yang lain. Orang sunda memang tak bisa lepas dari rasa pedas makannya mempunyai cita rasa yang manis dan pedas. Selain itu, masakan sunda juga sangat gampang untuk dibuat karenanya banyak sekali restoran-restoran sunda yang menjamur di mana-mana. Bahkan sering dijadikan konsumsi makanan sehari-sehari oleh banyak orang walau bukan berasal dari suku sunda. Mungkin beberapa makanan sunda di bawah ini belum pernah Anda coba.

1. Nasi tutug oncom

Masakan sunda asal Tasikmalaya ini sudah cukup terkenal dan banyak dari restoran di jakarta yang menjajakannya.Bahan dasarnya adalah nasi yang dicampurkan dengan oncom yang sudah digoreng atau dibakar. Diberi nama tutug karena proses pembuatannya yang ditumbuk. Biasa disajikan dengan tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, sambal dan lalapan. Makanlah sajian ini saat masih hangat, dijamin rasanya tambah nikmat!

2. Bakakak hayam

Memang sajian jenis ayam bakar sudah banyak dijajakan di luar sana tapi apakah Anda sudah pernah merasakan bakakak ayam bakar khas sunda ini? Namanya memang aneh tetapi soal rasa jangan diragukan. Masakan sunda ini berupa ayam utuh yang dilumuri dengan berbagai macam bumbu seperti kunyit, bawang putih, bawah merah, jahe, cabai, ketumbar, kemiri yang sudah dihaluskan lalu ayam dibakar menggunakan arang atau kayu bakar.

3. Sate maranggi

Sate ini adalah masakan sunda berasal dari daerah Purwakarta. Satenya sendiri berbeda dengan sate-sate lainnya karena menggunakan lemak daging sapi, kambing, atau ayam. Sebelum dimasak, satenya direndam berjam-jam dengan bumbu rempah-rempah sehingga bumbu menjadi menyerap ke dalam daging sehingga rasa daging menjadi khas dan nikmat.

4. Nasi liwet

Bagi Anda yang berdomisili di daerah Jawa Barat ngaliwet adalah suatu hal yang biasa. Memasak nasi beserta lauknya dan juga menyantapnya berbarengan bersama keluarga atau tetangga. Nasi liwet sendiri adalah masakan sunda yang mudah untuk dibuat karena hanya menggunakan sereh, bawang merah dan garam untuk membuatnya. Harus disajikan dengan ayam bakar, tempe dan tahu bakar dan jangan lupa dengan sambal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *