4 Makanan Tradisional Indonesia Punya Rada Pedas dan Nikmat

makanan tradisionalApakah Anda pecinta makanan pedas? Indonesia dikenal dengan beragam makanannya yang pedas. Orang Indonesia sendiri amat sangat menyukai makanan dengan cita rasa pedas dan tidak sedikit orang luar negeri yang mencicipi makanan indonesia tidak tahan dengan rasa pedasnya. Padahal itu masih belum seberapa. Ada banyak makanan tradisional dari Indonesia yang rasanya pedas tetapi membuat ketagihan. Sebut saja makanan padang yang sudah terkenal dimana-dimana. Dari banyaknya makanan pedas ini dia top 4 makanan tradisional dari Indonesia yang terkenal akan rasanya yang super pedas.

Betutu

Betutu adalah makanan tradisional adal Gilimanuk, Bali. Biasanya terbuat dari daging ayam atau daging bebek. Sajian ini terkenal akan kepedasannya, rasanya ini didapar dari berbagi macam rempah-rempah khas Bali yang sangat kuat rasanya. Bumbu yang digunakan adalah bawang putih dan merah, jahe, kunyit, serat, lengkuas, ketumbar, kemiri, merica, jeruk purut, garam, dan cabai merah.

Ayam Taliwang

Jika Anda ke Lombok maka wajib untuk mencicipi makanan tradisionalnya, yaitu ayam taliwang. Bagi pecinta pedas, menu masakan ini sangatlah lezat. Ayam taliwang adalah ayam bakar setengah matang lalu digoreng sebentar lalu digoreng lagi bakar kembali menggunakan bumbu cabai sampai permukaan ayam kering dan matang. Dengan teknik masak seperti ini, bumbu yang dioleskan akan lebih meresap.

Balado

Kebanyakan hidangan pedas di Indonesia menggunakan bumbu balado. Teknik memasak dengan balado adalah teknik yang berasal dari Padang. Suku Minangkabau biasanya memasukan cabai merah yang sudah digiling dengan bawang merah dan putih sehingga menghasilkan rasa yang pedas. Contoh makanan tradisional yang menggunakan bumbu balado adalah dendeng, kentang, telur, udang, ati ampe, dan ikan.

Mie Aceh

Mie aceh adalah makanan tradisonal dengan cita rasa yang pedas. Merupakan mie kuning yang diberikan bumbu semacam kari yang berempah. Ada dua jenis, yaitu mie goreng dan mie rebus. Dua-duanya sama-sama pedas. Mie ini semakin enak karena ditambahkan dengan udang, kepiting, dan cumi. Pecinta pedas tidak boleh melewati makanan tradisional yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *