4 Tips Pengelolaan Uang Untuk Bisnis Kecil

pengelolaan uangBila Anda memiliki usaha kecil, kamu mungkin tahu bahwa kesuksesan kamu tidak hanya didorong oleh jumlah transaksi  pelanggan, tapi juga cara pengelolaan uang kamu. Itulah kepentingan untuk memperhatikan berapa banyak uang yang dibelanjakan buat perusahaan kamu dan berapa banyak yang dipakai. Untuk membantu kamu dalam hal ini, berikut adalah empat kiat pengelolaan uang.

1. Mulailah Membuat Penganggaran

Jika memiliki rencana bisnis, sebaiknya kamu juga memiliki anggaran. Anggaran adalah pedoman yang menolong kamu memperbaiki lubang pada sistem pengelolaan finansial kamu. Lacak pengeluaran dan pendapatan, alokasikan dana ke rekening pengeluaran yang dibutuhkan, dan jangan lupa untuk memperhatikan tabungan kamu. Tanpa anggaran, kamu mengemudi dengan mata tertutup. Itulah mengapa penting bagi kamu untuk merencanakan agar perusahaan kamu tidak melangkah terlalu jauh dan tidak sukses.

2. Simpan

Begitu kamu memiliki anggaran di tempat, satu bidang yang harus kamu fokus adalah menghemat uang. Ada banyak cara bisnis dalam mengelola uang dalam mengurangi biaya yang tidak perlu. Ini bukan hanya tentang menyingkirkan apa yang kamu dapatkan dari bisnismu, tapi tentang menjadi pintar dengan mengelola uang kamu. Sama pentingnya dengan menemukan dan membeli alat-alat kantor, ada beberapa cara untuk menghemat dengan membeli barang bekas, yang jauh lebih murah daripada beli yang baru.

3. Sewa Chef Financial Officer (CFO)

Untuk pengelolaan uang bisnis kamu, carilah seorang Chief Financial Officer. Namun, jika seorang CFO terlalu mahal buat kamu, sewalah seorang akuntan atau profesional berpengalaman yang dapat membantu kamu mengelola keuangan kamu. Mempekerjakan seorang akuntan di rumah atau melakukan kontrak dengan layanan lokal adalah salah satu cara cerdas untuk membantu bisnis tetap sehat secara finansial.

4. Buat Strategi Untuk Meningkatkan Arus Keuangan

Pengelolaan uang lebih dari sekedar mempertahankannya. Kamu juga memerlukan strategi untuk menolong kamu meningkatkan cash flow dan menjaga waktu ketika bisnis tidak terlalu lancar. Seperti menabung, ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah arus kas. Contohnya, kamu dapat memberikan diskon kepada pelanggan atau mengembangkan program penghargaan untuk mendorong pelanggan-pelanggan membayar lebih awal. Saat bisnis berjalan lambat, kamu bisa mengamankan dengan jalur kredit dan meningkatkan cash flow kamu dengan menggunakan pengelolaan keuangan bisnis dan mencapai kesuksesan.

Nah, bagaimana dengan kiat-kiat tersebut untuk pengelolaan uang? Walaupun bisnisnya kecil, bukan berarti kamu tidak harus mengurusnya dengan teliti. Untuk cari selengkapnya, klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *