5 Makanan Tradisional Wajib Di Acara Pernikahan Indonesia

Image result for cara membuat roti buayaSaat melangsungkan acara pernikahan, tentunya kita menginginkan semuanya dipersiapkan secara matang dan sempurna. Termasuk juga soal makanan karena yang akan disajikan kepada para tamu undangan adalah makanannya. Berbagai jenis makanan pasti akan disajikan. Terkadang hal itu membuat bingung karena harus memilih apa saja makanan terbaik yang bisa disajikan. Tetapi, akan lebih baik jika menyajikan makanan tradisional karena lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia. Berikut ini beberapa makanan Indonesia yang wajib disajikan dalam acara pernikahan. Simak informasinya, ya!

Kelicuk

Jika Anda berasal dari daerah Rejang, Sumatera Selatan maka Anda wajib menghidangkan makanan tradisional yang disebut kelicuk. Kelicuk terbuat dari pisah yang dicampur dengan beras ketan dan dibungkus menggunakan daun pisang. Tak hanya saat pernikahan, kelicuk juga dapat dinikmati di berbagai acara tradisional lainnya.

Roti Buaya

Bagi suku Betawi, menyajikan roti buaya sebagai makanan tradisional di acara seserahan penikahan adalah wajib hukumnya.  Rasa roti ini sebenarnya sama saja dengan roti pada umumnya hanya saja bentuknya seperti buaya yang melambangkan kesetiaan karena buaya hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Selain itu roti ini melambangkan kemapanan.

Jenang

Untuk masyarakat Jawa, makanan tradisional seperti jenang hari ada dalam setiap pesta pernikahan. Jenang berarti ucapan syukur kepada pencipta dari pemilik hajatan. Tekstur jenang yang kenyal dan manis sebenarnya lebih cocok untuk dijadikan cemilah sesudah makanan utama.

Orem-orem

Orem-orem merupakan makanan tradisional khas Malang yang berbahan dasar irisan tempe goreng dan ayam yang dimasak bersama  kuah santan. Disajikan bersamaan dengan ketupat dan tauge baru disiram dengan kuah santan.

Rengginang

Rengginang bisa menjadi alternatif pengganti kerupuk karena rasanya sama-sama gurih dan teksturnya yang renyah. Hidangan ini terbuat dari beras ketan yang dikeringkan di bawah sinar matahari baru ketika sudah kering bisa digoreng. Biasanya suku Sunda menyajikan rengginang saat ada pesta pernikahan.

Dari semua kudapan di atas, mana makanan tradisional yang menjadi favorit Anda? Kalau Anda belum coba sama sekali, sepertinya Anda harus meluangkan waktu dan menyantap semua makanan enak ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *