5 Tips Mempersiapkan Dana Liburan

dana liburanIngin liburan, tapi pusing dan ribet untuk mempersiapkan dana liburan? Memang perencanaan liburan tidak murah dan perlu banyak perencanaan, namun jika Anda sudah merencakanan dengan baik, pasti Anda bisa liburan hingga keluar negeri jika mau. Apa saja tips yang perlu Anda ketahui untuk merencanakan dana Anda? Simak tipsnya di berikut ini:

1. Buat Anggaran

Apakah Anda sudah membuat anggaran untuk uang jalan-jalan Anda? Pastikan Anda memiliki perhitungan, kira-kira berapa yang dibutuhkan untuk transportasi, konsumsi, akomodasi, main, oleh-oleh dan lain sebagainya. Bila Anda tidak ingin repot cari tempat akomodasi dan lainnya, gunakan jasa travel agent untuk membantu mempersiapkan liburan Anda.

2. Jangan Mengandalakan Kartu Kredit

Bila Anda menggunakan kartu kredit untuk berliburan, pada dasarnya tidak ada masalah. Namun, pastikan Anda tahu, bagaimana cara membayar tagihan kartu kredit. Contohnya, jangan gunakan credit card untuk membayar hutang saja, tapi buat mendapatkan diskon, penawaran khusus selama Anda berlibur. Ini akan membantu Anda untuk lebih hemat di dalam perencanaan dana liburan.

3. Jangan Konsumtif

Terkadang saat Anda lagi di tempat tujuan wisata, tidak heran jika Anda sering kali lupa dengan anggaran yang sudah Anda buat. Belanja tanpa mengatur anggaran dan tanpa berpikir panjang, dan berpikir “kan jarang-jarangnya berkunjung di negeri/kota lain. Jadi, kenapa tidak?” Nah, usahakan jangan seperti itu dan jaga pengeluaran Anda. Pastikan Anda menurut anggaran yang sudah dibuat.

4. Sesuaikan Kemampuan

Saat menyusun rencana dan uang liburan, tidak salahnya Anda menyesuaikan kemampuan. Tidak bermasalah jika Anda menunda liburan yang mahal, agar keuangan keluarga tidak berantakan. Misalnya, Anda ingin ke Eropa, tetapi dana liburan belum mencukupi. Jangan memaksa pergi dengan berutang dengan bank atau lainnya. Rencanakan dana liburan Anda dengan matang.

5. Persiapkan Dana Liburan dari Jauh-Jauh Hari

Jika bepergian ke tempat-tempat yang jauh, ideal dana travelling Anda harus mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Satu hal yang harus diingat, jangan mengacaukan kondisi keuangan Anda atau keluarga hanya untuk keinginan sesaat. Kalau Anda mempunyai rencana finansial, prioritaskan tujuan keuangan utama. Contohnya, jika belum memiliki rumah dan sudah berpikir jalan-jalan ke Eropa atau destinasi yang jauh dan mahal, berpikirlah dua kali.

Jadi, buat Anda yang ingin berlibur dan bersenang-senang, jangan lupa untuk menyiapkan dana liburan agar liburan tetap nyaman. Yang ingin tau topic tentang persiapan dana lebih lagi, visit web kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *