Cara Mempersiapkan Dana Darurat

mempersiapkan dana daruratTidak ada yang tahu saatnya kehidupan berada di atas atau kapan akan mengalami masa-masa sulit di bawah. Begitu pula dengan soal keuangan, kadang kita memiliki cukup uang tapi ada satu waktu kamu hanya memiliki dana yang terbatas dan pas-pasan. Untuk menghindari masalah begini, sebagai seorang manusia yang berakal kamu harus memiliki kemampuan untuk mempersiapkan dana daruratMasalah tersebut biasanya berkaitan dengan soal kesehatan, pendidikan dan jaminan hari tua. Jika kamu tidak memiliki dana lain yang kamu simpan untuk masa depan dan hanya memikirkan masa sekarang, tidak mungkin masa yang akan datang bisa diterlilitkan. Nah, jika kamu termasuk orang yang peduli dengan kondisi keuangan di masa depan, pastikan kamu mempunyai dana cadangan yang bisa digunakan saat kamu benar-benar dibutuhkan uang. Lalu, gimana caranya untuk mempersiapkan keuangan untuk darurat sekarang bagi masa depan? Simak cara-caranya bagaimana mempersiapkan dana darurat di berikut ini:

1. Jangan Menunda

Walaupun kamu masih muda, bukan artinya kamu tidak perlu menyiapkan dana cadangan. Hal tersebut adalah hal yang harus dilakukan kapanpun saat kamu siap dan mampu. Tidak ada siapapun yang bisa memprediksi bagaimana kondisi keuangan, walaupun terlihat sehat dan lapang sekarang, bukan artinya kamu tidak akan memiliki kondisi yang serupa. Bersiaplah untuk hal yang terburuk dalam hidup, kamu harus menyiapkan tabungan darurat sejak dini saat kamu mampu dan terlambat.

2. Catat Setiap Pendapatan dan Pengeluaran

Agar dapat menentukan anggaran untuk menyimpan uang darurat. Kamu harus tahu berapa kisaran pendapatan dan pengeluaran dalam satu bulan. Jika sudah mengetahui berapa pastinya pemasukan dan pengeluaran kamu setiap bulan, kamu akan dapat menentukan berapa persuan duit masuk yang harus disisihkan untuk finansial darurat.

3. Kurangi Pengeluaran Konsumtif

Agar anggaran uang yang disiapkan tidak berkurang dan semakin banyak, kurangi pengeluaran konsumtif yang tidak diperlukan. Berusahalah untuk hidup lebih sederhana dengan membeli barang yang benar-benar kamu butuhkan dan dari situ, lebih gampang untuk kamu menyiapkan tabungan darurat.

4. Sisihkan Mulai dari Uang Receh

Menyisihkan uang yang kamu dapat simpan sebagai uang darurat tidak harus dari penghasilan saja, kamu juga dapat menyisihkan uang bonus, tunjangan atau kembalikan belanja dan parkir.

5. Menggunakan Asuransi

Bila kamu termasuk orang yang malas untuk menyisihkan uang, cobalah untuk mendaftarkan di asuransi. Asuransi di sini bisa dalam bentuk apa saja, bisa dari kesehatan, jiwa, mobil, rumah hingga hari tua. Secara otomatis, setiap bulan penghasilan kamu akan ditarik untuk membayar premi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *