Cara Menabung Untuk Biaya Pensiun di Masa Depan

biaya pensiunKebiasaan menabung harusnya dimulai sejak dini tanpa harus berpatokan dengan pendapatan atau penghasilan. Kamu harus memahami cara menabung dan berinvestasi yang benar, dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan masa depan. Bagaimana cara menabung biaya pensiun? Berikut ini adalah tips menabung sekalian cara berinvestasi yang benar terlepas berapapun penghasilan kamu perbulannya:

1. Catat Kebiasaan Kamu Per Bulan

Menabung bukan berarti kamu perlu memiliki banyak uang terlebih dahulu. Sebenarnya menabung adalah hal yang mudah, dengan catatan pendapatan lebih banyak dari pengeluaran. Jadi sebelum kamu mau menghemat, sebaiknya tahu kebiasaan kamu terkait pengeluaran uang dalam sebulan. Karena itu mulai bulan depan catat semua pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Jika kamu ada kebiasaan mengeluarkan uang di hal tidak penting, hilangkan. Contohnya, makan di luar sebenarnya menghilangkan banyak uang. Sebaiknya kamu mulai masak di rumah dan membawa bekal. Dari sini, biaya pensiun kamu sudah mulai terkumpul.

2. Sisihkan Sebagian Penghasilan untuk Pribadi

Sisihkan uangmu dari awal. Arti ini adalah kamu sisih sebelum melakukan pembayaran listrik, telepon, air, cicilan, dan sebagainya. Yang harus dilakukan secara reguler adalah dalam bentuk tabungan atau investasi. Saat kamu terbiasa menabung dengan sisa uang akhir bulan, disini lah kamu sudah mengumpul biaya pensiun kamu. Kamu tidak perlu menciptakan peluang untuk boros sebab harus menyiapkan dana untuk hari tua, dana darurat, dan lainnya. Jika ini dapat dilakukan secara reguler, setiap akhir bulan kamu akan merasa senang sebab kamu sudah menyiapkan sesuatu untuk biaya pensiun.

3. Bayar Hutang

Jika kamu memiliki hutang, kamu harus segera membayar secepatnya, terutama hutang yang berbunga. Mengapa harus begitu? Karena bunga hutang lebih tinggi dari bunga tabungan. Setelah hutang dilunasi, maka secara rutin kamu sisihkan uang setiap bulan ke tabungan. Tapi jauh lebih baik jika ada penarikan otomatis dari gaji dan dimasukkan ke investasi.

4. Buka Rekening Baru

Untuk kebutuhan biaya pensiun memang memiliki tabungan yang kamu harus ada commitment. Buat dana yang jumlahnya besar, seperti DP rumah atau mobil, sebaiknya kamu letakkan dalam bentuk deposito. Tabungan depisito memiliki tingkat bunga lebih besar dibandung tabungan biasa. Maka itu, tabungan deposito kamu tidak bisa menyentuh dana didalamnya sebelum masa periode yang ditentukan berakhir. Deposito yang di tabungan kamu masih tetap bisa dicairkan jika kondisi benar-benar darurat.

Banyak cara hidup hemat tanpa harus menderita, seperti di daftar tersebut. Menabung buat biaya pensiun bukanlah hal yang berat, kamu cuma harus mengganti gaya hidup kamu untuk memastikan kamu tidak akan menderita di hari tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *