Cara Mengumpulkan Uang Pensiun untuk Wanita Karir

uang pensiunMenjadi wanita karir adalah wanita yang gigih bekerja dan berkarir. Namun, terkadang mereka sering mengabaikan urusan keluarga dan letak karir sebagai prioritas dan tujuan utama dalam hidup. Hingga akhirnya lupa dengan urusan percintaan dan tidak menikah atau menikah di usia tua.  Di zaman canggih seperti sekarang, menemukan wanita karir sudah tidak sulit lagi. Di era hari ini, semuanya serba canggih dan mahal, maka itu dituntut keselarasan karir antara suami dan istri. Semua kebutuhan hidup dapat terpenuhi, termasuk biaya pensiun. Uang pensiun sangat penting di hidup dan memenuhi kebutuhan di hari tua nanti. Semakin banyak dana yang terkumpul, hidup maka akan semakin tenang. Di Indonesia, kebanyakannya umur untuk pensiun dimulai dari 55 tahun ke atas.  Agar tidak sulit mengumpulkan uang pensiun, simak beberapa tips menabung dana pensiun bagi kamu wanita karir di berikut ini:

1. Ingat Waktu

Waktu berjalan cepat. Ketika melihat ke belakang, sudah banyak hal yang kamu lalui dan semuanya berlalu begitu saja tanpa kamu rasai. Banyak wanita di zaman sekarang bekerja sangat keras untuk mencapai karir yang diinginkannya. Maka itu, seringkali lupa waktu karena kesibukannya untuk mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan karir. Jika hal ini dilakukan, kamu akan kehilangan satu poin berharga yaitu menabung uang pensiun. Karena itu, kamu harus benar-benar jeli untuk memperhatikan setiap waktu yang berjalan dan jangan sampai lupa dana hari tua kamu. Beberapapun usia kamu sekarang, tidak salahnya untuk mulai memikirkan uang pensiun. Belajarlah untuk menabung sejak dini. Tujuannya agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari, apalagi jika berkaitan dengan biaya pensiun.

2. Target Uang Pensiun

Agar pengumpulannya semakin cepat, kamu dapat menentukan berapa target yang kamu mau capai. Penetapan target ini akan bikin kamu selalu teliti dengan target. Target kamu tergantung dengan gaya hidupmu. Untuk itu, harus benar-benar mengkalkulasukan berapa biaya yang kamu butuhkan di puluhan tahun kemudian.

3. Diskusikan Uang Pensiun dengan Pasangan

Tujuan menabung tidak melulu sebatas memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kelak. Pasti seseorang menginginkan hal lain dalam penggunaan dana tersebut, seperti membeli rumah di saat tua, pindah kota, atau jalan-jalan bersama pasangan. Untuk mencapai keinginanmu, diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan. Tujuannya agar kedua pihak saling berkontribusi untuk memenuhi tujuan bersama. Bukanlah hanya istri saja yang memikirkan tabungan pensiun, suami pun harus tahu rencana kamu agar dia bisa ikut membayangi di hari tua dan ikut berkontribusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *