Cara Mudah Mempersiapkan Pensiun Dini

mempersiapkan pensiun diniKesibukan bekerja yang dijalani setiap orang sudah menjadi kebiasaan untuk melakukannya lima hari seminggu ataupun setiap hari. Pekerjaan harus selalu dijalani untuk mendapatkan penghasilan dan dapat hidup sejahtera di masa sekarang maupun di masa depan. Mungkin penghasilan tidak memiliki jumlah yang besar di bandingkan dengan tanggung jawab pekerjaan yang diberikan, tapi ini dapat mewujudkan hidup yang lebih baik ketika usia sudah tidak produktif. Sebagian orang yang sudah penat dengan bekerja, biasanya akan memilih dan menyiapkan pensiun awal dan memulai sebuah bisnis di kota asalnya. Namun, ada juga alasan lain dengan target yang sama seperti kesehatan, hingga tidak bisa lanjut lagi dengan kebijakan manajemen perusahaan tempatnya bekerja. Keputusan untuk pensiun lebih awal memang harus di pikir baik-baik dan dengan bijak agar setelah pensiun tidak akan menyesal dan memiliki banyak kekurangan. Maka itu, kamu harus mempersiapkan pensiun dini dengan baik. Ada cara tentu dengan mengimplementasikan beberapa strategi berikut agar hidup kamu tidak akan kesusahan setelah pensiun:

1. Tentukan Target

Target yang kamu harus tentukan adalah usia pensiun yang diinginkan, contohnya di usia 40 atau 45 tahun. Di Indonesia, umumnya orang pekerja pensiun di tahun 55 dan maksimal hidup rata-rata adalah umur 70 tahun-an. Maka tinggal kamu hitung saja untuk mempersiapkan pensiun dini yang dibutuhkan. Misalnya kamu sekarang umur 30 tahun dan dana buat pensiun adalah di usia 45 tahun, maka kamu memiliki 15 tahun untuk mempersiapkan biaya pensiun kamu inginkan. Dalam waktu tersebut, kamu dapat berpikir keras untuk mempesiapkan hidup pensiun yang mendatang dan juga yang lebih baik.

2. Hitung Biaya Hidup

Langkah ini menunjukkan akan seberapa sejahtera hidup kamu saat ini dan masa mendatang. Biaya hidup tergantung dari biaya makan, transportasi, utang dan sebagainya. Lacaklah inflasi juga, karena kamu harus selalu hitung pengeluaran per bulan dan juga untuk menunjang kesejahteraan yang sama seperti yang kamu jalani saat ini setelah inflasi.

3. Hitung Total Utang

Utang tidak selalu buruk, seperti cicilan rumah, cicilan mobil, dan lainnya. Jumlahkan utang-utang kamu miliki, dan setelah itu ketahuilah jumlah jangka waktu utang paling lama kamu merupakan jangka waktu target pensiun kamu. Jika kamu lunasi utangnya lebih cepat, maka itu lebih baik.

4. Kencankan Ikan Pinggang

Biasakan dengan gaya hidupmu yang sederhana, dan kontrol pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan. Contohnya, jika kamu selalu memakai taxi untuk pergi kerja atau jalan-jalan, cobalah kamu ganti dengan kendaraan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *