Cara Sederhanakan Rencana Pensiun

rencana pensiunMerencanakan pensiun bukanlah perkara mudah. Kamu harus mempunyai kendali yang penuh atas rencana tersebut. Namun, untuk mendapatkannya kamu membutuhkan waktu dan rincian penting sebagai bahan pertimbangan. Mau tahu caranya? Yuk, simak lima cara menyederhanakan rencana pensiun:

1. Fokus Pada Apa Yang Dapat Dikontrol

Mengestimasi tingkat penghasilan investasi selalu menyenangkan karena kamu dapat menghitung nilai dan pertumbuhan portofolio dalam jangka panjang. Namun, tidak ada yang tahu berapa besar pengembalian investasi yang kamu buat. Dan juga, kemungkinan kamu mendapat hasil dan penghasilan yang berbedap di setiap tahun. Jadi dana dari situ tidak stabil. Akan lebih baik kalau kamu menetapkan tujuan bedasarkan apa yang bisa dikontrol dengan kamu. Contohnya, berapa potongan gaji yang masuk di rekening pensiun kamu di setiap tahun. Jika bisa melacak itu, kamu bisa lihat rencana pensiun dengan lebih baik.

2. Jangan Mengejar Mode Investasi Terbaru

Setiap orang suka berpendapat soal strategi tentang investasinya. Kamu harus jeli dalam memilih informasi tersebut. Pasar naik dan turun, dan ini juga mengefek dengan investasi. Ada lebih dari satu jalan untuk pertumbuhan investasi yang kamu dapat pilih, tapi penting untuk tetap pada rute yang sama dalam jangka panjang untuk menuai hasil maksimal. Dengan itu, rencana pensiun tidak akan terganggu dan bisa dijalani dengan tenang.

3. Berhemat

Kamu tidak perlu menunggu sampai memiliki rencana pensiun dan investasi yang sempurna untuk mulai menabung. Mulailahi menabung se dini mungkin karena kamu pasti belajar lebih banyak soal keuangan dan mengerti untuk melakukan penyesuaian. Dengan menerima keadaan kalau kamu mungkin tidak terlalu familiar tentang investasi akan terasa tidak sulit dan lebih mudah untuk mengambil langkah ini.

4. Menentukan Kapan Uang Pensiun Akan Cukup

Banyak orang bekerja keras dan terlalu stres dan sengsara hanya karena ingin rencana pensiun akan mencukupi dana yang di tabung. Hari tua akan berisi dengan masa pengurasan investasi dan tabungan, tapi kamu tak akan pernah bisa beli kebebasan dan kehidupan tanpa stres. Luangkan waktu untuk berpikir tentang apa yang kamu butuhkan untuk hidup dengan tenang di masa pensiun. Kamu harus benar-benar memiliki rencana pensiun jika kamu tidak mau stres lagi di masa tua, dan undurkan diri dari pekerjaan ketika sudah mencapai tujuan.

Perencanaan bersenang-senang di masa pensiun bisa menjadi aktivitas yang memotivasi hidup kamu. Bermimpi tentang kehidupan baru saat pensiun bikin hidup kamu lebih mudah untuk mengeluarkan uang dan berhemat di saat sekarang. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa visit web kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *