Gaji Kecil Tapi Bertahan di Kantor yang Sama? Inilah 4 Penyebabnya

kirim-uang
Kirim Uang

Meski tidak selalu, orang bekerja memang bertujuan untuk mendapatkan sejumlah uang melalui gaji bulanan. Banyak orang yang mencari perusahaan bonafid agar memiliki penghasilan yang cukup besar, meski tuntutan pekerjaan dirasakan sangat tinggi. Apalagi suasana dan lingkungan pekerjaan yang sehat, mereka bisa menjadi pegawai yang betah bertahun-tahun mengabdi pada perusahaan tersebut.

Namun, ada pula beberapa orang yang memiliki pekerjaan dengan gaji kecil, namun tetap bertahan dalam perusahaan tersebut. Atas dasar loyalitaskah mereka bertahan? Belum tentu, bisa jadi bertahannya mereka di tempat kerja dengan kondisi gaji kecil tersebut atas pertimbangan-pertimbangan berikut ini.

1. Sudah merasa nyaman dengan lingkungan dan suasana kerja

Seorang karyawan tidak akan mengenal kata ‘I hate Monday’ jika sudah merasa nyaman dengan suasana kantor. Meski memiliki penghasilan rendah, namun karena berada dalam lingkungan kerja yang sehat, rekan-rekan kerja yang saling mendukung, menjadi alasan kamu betah bekerja di kantor tersebut. Jadi gaji kecil bukan sebuah masalah.

Suasana kantor yang nyaman dan menyenangkan bisa meningkatkan produktivitas pegawai dan target perusahaan pun tercapai dengan baik.

2. Tidak memiliki kemampuan dan skill yang mumpuni

Karena merasa memiliki kemampuan yang terbatas, seorang pegawai biasanya akan berfikir ulang sebelum memutuskan pindah tempat kerja. Perusahaan yang memberikan gaji tinggi tentu saja akan menerapkan syarat dan skill yang tinggi pula.

Jika kamu memiliki kemampuan dan keahlian yang rendah namun tetap ngotot melamar ke perusahaan besar dan tanpa persiapan matang, itu artinya kamu sama saja dengan bunuh diri. Oleh karena itu, mereka bertahan dengan gaji kecil.

3. Atasan yang baik hati dan akomodatif

Siapa yang tidak betah memiliki atasan yang sangat baik dan selalu mendengarkan keluh kesah para bawahannya? Meski memiliki gaji rendah, biasanya seorang pegawai akan tetap bertahan dalam perusahaan karena merasa cocok dengan si boss. Atasan yang baik hati dan selalu mengakomodinir kebutuhan para bawahannya membuat suasana kerja terasa menjadi nyaman.

4. Tidak mau keluar dari zona aman dan nyaman

Karena merasa telah merasa nyaman di perusahaan yang sekarang, seorang pegawai biasanya akan berfikir ulang jika ingin pindah tempat kerja. Kekhawatiran akan mendapat lingkungan kerja yang tidak sehat di tempat baru menjadi alasan seseorang memutuskan untuk tetap bertahan meski memiliki gaji kecil.

Perubahan-perubahan kecil seperti bos baru, suasana baru, sistem kerja dan rekan-rekan yang baru, tidak lantas membuat pegawai bisa mendapatkan kembali zona nyamannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *