Inilah Tren Bisnis di Tahun 2018

Banyak sekali berbagai macam bisnis yang bisa dilakukan. Namun, di tahun 2018 ini sepertinya akan ada beberapa tren bisnis yang bakal digandrungi oleh masyarakat. Selain itu dengan modal usaha yang bisa didapat dari mana saja membuat banyak orang semakin lancar melaksanakan usaha. Pada 2018 sudah semakin mudah memulai bisnis. Banyak bisinis bisa dilakukan secara online maupun offline. Dengan bisni offline pun masih bisa dipromosikan dengan media sosial. Berikut bisnis-bisnis yang bakal trend di 2018:

Tren Bisnis Food Truck

Sebeneranya usaha ini sudah populer diluar negeri, terutama di Amerika tetapi baru terkenal beberapa tahun terakhir di Indonesia. Bisnis ini memang menjanjikan tetapi butuh  modal besar dan inovatif. Tak hanya cara jualan saja yang kreatif tetapi penyajiannya makanannya juga harus unik karena usaha ini banyak sekali saingannya. Jadi, pebisnis harus memutar otak se-kreatif mungkin dalam menjalankan usaha ini.

Tren Bisnis Handmade

Makin banyak orang-orang kreatif yang membuka sebuah usaha bisnis. Orang-orang kreatif mampu melihat pangsa pasar. Dari yang mulanya hanya hobi dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Ada beberapa produk handmade yang bisa dicoba. Seperti membuat usaha makanan, karangan bunga dan kado, dan masih banyak produk handmade.  

Tren Bisnis Desain Grafis

Desain grafis memang tak ada matinya. Akan selalu dibutuhkan. Hampir semua perusahaan membutuhkan seorang desain grafis untuk merancang desain poster atau iklan perusahan. Bisnis ini akan selalu laku dari tahun ke tahun. Yang dilakukan saat memulai bisnis adalah kemampuan gambar dan mendesain. Kepercayaan diri menawarkan jasa desain kepada perusahaan juga diperlukan karena tidak semua perusahan mau menerima jasa desain. Semakin banyak desain yang dikerjakan semakin banyak portofolio yang didapat.

Tren Bisnis Online Shop

Tak berbeda dengan nomor 3. Usaha online shop juga tak ada matinya. Didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin tinggi. Usaha satu ini masih sangat diminati. Bukan hanya berjualan di Instagram dan Facebook saja, sekarang banyak platform untuk pebisnis online menjual produknya.  Sebut saja Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *