Jangan Kalap! Ini 5 Cara Belanjakan THR Secara Bijak

kirim-uang
Kirim Uang

Minggu depan, para karyawan, baik pegawai swasta maupun pegawai negeri, akan menerima bonus Tunjangan Hari Raya (THR).

Tunjangan ini diberikan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan selama lebaran. Memang rasanya seperti surga dunia kalau mendapatkan THR dan gaji bulanan secara bersamaan.

Sehingga tak pelak ada keinginan belanja yang menggebu-gebu pada hari itu. Namun perlu diingat, kamu harus bijak dalam memilah-milah belanjaan yang diinginkan dan dibutuhkan.

Dikutip dari keterangan tertulis Shopback Indonesia, Sabtu 18 Mei 2019, Head of Business Development Shopback Indonesia, Yolanda Margaretha, memberikan sederet tips untuk belanjakan THR secara bijak.

Berikut ini adalah rinciannya dalam belanjakan THR:

1. Alokasikan dengan bijak

Tahun ini, sebagian besar karyawan di Indonesia akan menerima THR hampir bersamaan dengan penerimaan gaji bulanan. Sebelum menerima dua pemasukkan tersebut mulailah membuat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran

Berapa persen dari gaji dan belanjakan THR yang akan kamu dapatkan untuk membeli kebutuhan untuk lebaran, dan berapa persen yang akan ditabung. Yang paling utama agar THR yang kamu terima lebih berkah, jangan lupa dialokasikan untuk berdonasi dan membayar zakat yang sudah ditentukan.

2. Manfaatkan Promo dari Ritel dan e-Commerce

Jika masih memiliki daftar barang yang harus dibeli untuk lebaran, namun tidak mau belanjakan THR yang banyak untuk belanja, kamu bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh ritel dan platform e-commerce. Pasalnya pada bulan Ramadan, platform e-commerce memanjakan masyarakat di Indonesia dengan beragam promo potongan harga yang menarik.

3. Berdonasi dan berzakat

Agar THR penuh berkah, kamu bisa menggunakan sebagian untuk berdonasi. Saat ini, banyak channel yang bisa dimanfaatkan untuk berdonasi. Mulai dari platform offline maupun platform online.

Dewasa ini, donasi melalui platform online juga mulai marak di kalangan milenial.

Yolanda mengatakan pihaknya belum lama ini menggelar survei online kepada 6.500 responden di lima kota besar di Indonesia. Dari survei itu, ditemukan bahwa 57 persen responden akan berdonasi di platform online pada Ramadan tahun ini.

4. Modifikasi Perlengkapan Lebaran Tahun Lalu

Lebaran tidak harus menggunakan baju atau barang-barang baru. Kamu masih bisa tampil modis dan stylist dengan memanfaatkan baju lebaran tahun lalu. Agar terlihat beda, kamu bisa memadupadankan dengan aksesoris-aksesoris unik yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Selain baju, kamu juga bisa bisa memodifikasi toples kue dengan menambahkan aksen pita atau pernak-pernik lainnya agar terlihat lebih kekinian. Dengan cara ini, kamu lebih berhemat dan belanjakan THR pun tidak berkurang terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *