Jangan Sampai Melewatkan Empat Masakan Jawa TImur Ini

masakan jawa timurIndonesia kaya akan budayanya. Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing termasuk dengan makananya. Misalnya di Jawa makanannya cederung manis, di Padang dan Jawa Barat makannya lebih pedas. Setiap daerah memiliki makanan yang wajib dicicipi. Dari semua daerah yang ada di Indonesia, masakan Jawa Timur adalah salah satu yang paling banyak digemari karena rasanya yang sangat nikmat di lidah. Bagi Anda pecinta kuliner jangan sampai melewatkan masakan Jawa Timur berikut ini.

Soto Lamongan

Siapa yang tidak pernah mendengar dan mencicipi masakan Jawa Timur ini? Makanan ini lebih tepatnya berasal dari kota Lamongan. Lantas apa bedanya dengan soto biasa? Yang membuat beda adalah adanya koya sebagai bumbu penyedapnya. Koya adalah bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih. Tidak susah untuk mencari soto ini karena bukan hanya di Lamongan saja dijual tetapi hampir di seluruh kota Indonesia banyak yang menjualnya.

Rawon

Hmm, banyak orang pasti sudah pernah mendengar makanan ini tetapi masih banyak juga yang asing dan belum pernah mencicipinya. Rawon adalah masakan Jawa Timur yang dibuat dari bahan bernama kluwek. Rawon terkenal di daerah Pasuruan, makanan yang berwarna gelap ini sangat enak jika disantap dengan nasi, bawang goreng dan kerupuk. Biasanya rawon berisikan tauge, telur, sayuran hijau, dan daging sapi. Jangan melewatkan hidangan ini jika sedang main ke Jawa.

Rujak Cingur

Apakah Anda penggemar rujak? Anda dapat mencicipi rujak cingur karena berbeda dengan rujak-rujak lainnya. Rujak ini bahan utamanya adalah lidah sapi. Ya, cingur sendiri berarti lidah dalam bahasa Jawa. Biasanya dicampur dengan sayuran sebagai pelengkap. Namun yang membuat enak rujak satu ini adalah bumbu yang dipakai. Bumbunya dibuat dari bahan petis, gula merah, cabe, dan kacang tanah yang digoreng. Semua bumbu diulek samap halus lalu diberi sedikit air hingga encer.

Lontong Balap

Lontong balap terdiri dari macam-macam bahan yang berbeda seperti lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng dan sebagai pelengkap ada sampah. Sajian ini sudah sangat populer dari dulu, biasanya dijual secara keliling tetapi seiring waktu berlalu banyak yang sudah menjualnya di kios-kios.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *