Jenis Bisnis Kuliner Online Ini Bisa Menguntungkan

Sudah bukan sebuah hal yang asing lagi tentang perkembangan bisnis kuliner saat ini. Dengan mengandalkan kemajuan teknologi dan jaringan informasi seperti media sosial untuk memasarkan produk akan semakin mudah dikenal oleh masyarakat. Sudah tidak perlu bingung karena adanya teknologi canggih konsumen bisa memesan secara online. Mulai dari makanan ringan hingga makanan utama. Tetapi produk kuliner harus memenuhi ketentuan masing-masing mengenai standar dalam perindustrian makanan. Tertarik? Berikut jenis bisnis yang bisa Anda pilih.

1. Food Blogger

Dalam menjalankan bisnis kuliner secara mudah adalah melalui blog. Anda bisa membangun blog sesuai karakter dan makanan yang ingin dibahas. Bisa berupa share resep dengan konten teks hingga video untuk menarik banyak pengunjung blog Anda. Menjadi food blogger tidak memiliki aturan tertentu karena Anda tidak perlu menjual produk. Lakukanlah beberapa review untuk jajanan yang sedang hits atau sudah terekomendasi melalui blog Anda. Semakin banyak yang mengunjungi blog Anda, semakin banyak iklan dan affiliate marketing.

2. Katering

Jika Anda salah satu diantara orang banyak yang menyukai hobi memasak, membuka katering adalah jawaban terbaik. Namun harus siap dengan beberapa upaya dan proses yang tidak mudah. Pilihlah strategi penjualan apa yang ingin Anda gunakan. Apakah pemesanan katering hanya untuk event, akhir pekan, atau khusus katering makanan sehat saat waktu kerja. Jika sudah yakin dengan produk katering Anda, lakukanlah kerjasama dengan beberapa website khusus promo atau kupon agar pelanggan setidaknya berminat mengunjungi menu makanan Anda.

3. Jual Makanan Panggang

Bisnis kuliner dengan menjual makanan panggang berati Anda memilih target audience yang lebih spesifik. Anda bisa mempromosikan kepada konsumen yang menyukai makanan seperti donat, muffin, roti, biskuit yang semuanya dilakukan secara home made. Tawarkan beberapa menu makanan sesuai kategori seperti untuk sarapan, makan malam atau sekedar cemilan. Jika belum mampu mengambil semua jenis makanan panggang tersebut, pilih satu yang paling bisa Anda tangani. Untuk menjual makanan panggang bebas gluten atau gula juga sudah banyak dicari oleh masyarakat Indonesia yang mulai mengurangi konsumsi gula.

Selain dipasarkan dengan media sosial, Anda bisa menjualnya ke kafe atau toko lokal. Selain itu ikutlah beberapa event kampus, bazaar, hingga Car Free Day. Semakin sering memperkenalkan produk Anda, orang akan semakin mengetahui bahwa produk makanan yang Anda jual memiliki ciri khas dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh produk lain.

4. Produk Khusus

Apakah Anda memiliki ide atau bahkan mampu membuat produk khusus yang disukai orang? Seperti manisan, selai, coklat atau apapun yang bisa Anda produksi sendiri. Jadikan kemampuan dan hobi Anda sebagai sebuah pendapatan pasif yang menguntungkan. Dengan produk lokal sendiri, akan memberikan karakter bisnis kuliner sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan begitu mudah untuk melakukan branding terhadap bisnis kuliner dengan tampilan desain unik, logo yang mudah dikenal orang. Selanjutnya tinggal manfaatkan sosial media, pameran, atau distributor makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *