Kue Tradisional Nikmat Terbuat Dari Singkong

kue tradisionalSingkong sudah menjadi bagian dari makanan yang sudah tak asing lagi dalam makanan Indonesia. Ada begitu banyak olahan yang terbuat dari singkong, terutama singkong digunakan sebagai bahan utama untuk makanan-makanan ringan. Bahan singkong banyak dan mudah untuk ditemukan di mana saja memudahkan banyak orang untuk mengolahnya. Singkong sering dijadikan sebagai bahan dari kue tradisional. Ada begitu banyak macam kue tradisional dibuat dari singkong. Rasanya juga nikmat dan cocok untuk dinikmati saat santai atau menemani Anda saat bekerja. Di bawah ini ada beberapa kue dari singkong dan bisa Anda sajikan di rumah. Yuk, simak!

1. Misro

Kue tradisional asli Jawa Barat ini yang masih banyak diminati hingga sekarang. Misro sendiri adalah singkatan dari amis di jero, bahasa sundanya dari manis di dalam. Rasanya memang manis karena misro terbuat dari parutan singkong yang diisi dengan gula merah lalu di goreng. Rasa manisnya tidak berlebihan karena manis alami yang terbuat dari gula. Makanlah ini saat hangat-hangat, dijamin rasanya akan lebih nikmat.

2. Getuk

Getuk adalah kue tradisional khas Jawa Tengah yang hingga saat ini masih banyak diminati banyak orang. Terbagi menjadi dua, yaitu getuk biasa dan getuk lindri. Untuk getuk biasa pada saat proses pembuatan ditaburi gula merah sehingga berwarna coklat, tidak rata dan bentuknya kasar. Sedangkan getuk lindri adalah singkong sudah dimasak lalu digiling hingga halus dengan gula pasir lalu dicampurkan pewarna makanan dan vanili, terakhir di potong kecil-kecil.

3. Kue mangkok tape singkong

Yang satu ini sudah sangat terkenal dan sering disajikan di saat ada acara. Kue tradisional ini dibuat dari peyeum, yaitu singkong yang sudah difermentasikan. Rasa dan teksturnya berubah menjadi asam dan lembek. Kuenya berbentuk kue mangkok, rasanya manis asam dan warnanya juga beragam namun umumnya berwarna pink. Bentuknya seperti bolu kukus tetapi lebih padat dan basah.

4. Lemet

Nah, untuk kue tradisional yang satu ini rasanya manis-manis gurih dan juga teksturnya agak lengket. Lemet adalah makanan yang berasal dari Gunung Kidul. Lemet ini dibungkus dengan daun pisang tetapi kedua ujungnya tidak disematkan. Resepnya juga gampang sekali, hanya parutan singkong, gula merah dan tambahan garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *