Mempersiapkan Finansial Pensiun Sejak Muda

finansial pensiunPensiun merupakan sebuah kondisi yang akan terjadi kepada semua orang. Tidak perlu takut untuk memasuki masa-masa pensiun, karena ini adalah hal yang normal. Tapi, kamu pasti ingin menikmati waktu kamu dengan enak dan nyaman saat sudah masuk dunia pensiun, kan? Tentunya kamu pun harus mengetahui cara merencanakan finansial pensiun tersebut. Kamu harus menyiapkan biaya pensiun dari muda, karena masih memiliki banyak waktu dan tenaga untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan. Semakin dini kamu menabung untuk finansial pensiun, akan semakin besar hasil investasimu. Kamu pasti tidak mau saat sudah di hari tua dan memiliki serba kekurangan. Jadi, apa yang harus dilakukan sejak sekarang? Yuk, simak daftar untuk kamu mempersiapkan finansial pensiun untuk di hari tua:

1. Menabung Finansial Pensiun

Salah satu cara mudah buat mengumpulkan dana adalah menabung. Bagusnya kamu lakukan tiap bulan, sisihkan 10-20% dari penghasilanmu untuk menabung finansial pensiun masa depan. Mungkin dengan tabungan banyak yang bisa di tujuin seperti pernikahan, bisnis, hingga biaya pensiun. Dari jumlah tabungan tersebut, sebaiknya alokasikan senbanyak 3-10% untuk masa tua kamu.

2. Penghematan Dari Sekarang

Baiknya penghematan disegerakan dan jangan ditunda. Begitu pula dalam persiapan dana. Jika kamu menabung sebanyak 3-10% dari penghasilan bulanan terasa sulit, cobalah melakukan penghematan di hidup kamu. Cara ini cukup efektif digunakan buat menabung dan mempersiapkan masa pensiun sejak dini. Contohnya, jika kamu biasanya menggunakan taxi untuk berangkat kerja, kamu dapat menggunakan kendaraan umum seperti kereta ataupun busway yang memiliki harga jauh lebih murah. Jika kamu suka makan siang di luar, mulai membawa bekal dari rumah. Walaupun ini terasa penghematan yang kecil, ternyata saat dikumpulkan hasilnya cukup besar.

3. Bayar Hutang Terdahulu

Bagaimana jika kamu mau mempersiapkan uang pensiun jika masih memiliki hutang? Untuk menghindari jeratan hutang, lebih baik kamu lunasi hutang terlebih dahulu sebelum menabung. Hutang tidak baik secara finansial, apalagi jika berhubungan dengan bunga. Usahakan untuk membayar hutang dan jangan berhutang lagi.

4. Investasi Finansial Pensiun Terbaik

Agar dana kamu tidak kena inflasi, sebaiknya kamu melakukan investasi pada uang pensiun yang sudah dialokasikan tersebut. Mungkin kamu dapat menyiapkannya di dalam bentuk emas, atau reksadana, namun ada juga yang tidak ingin pusing sehingga mempercayakan tabungan dana pada manager investasi. Ada beberapa program yang bisa mengurus uang kamu yaitu Jaminan Hari Tua, atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Tiap 3 bulan atau 6 bulan sekali, kamu akan dapat laporan dari perusahaan investasi tersebut mengenai perkembangan investasi kamu.

Nah, itulah beberapa tips cara merencanakan dana hari tua sejak muda yang dapat kamu coba. Mulailah sekarang sebelum terlalu terlambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *