Rencana Persiapan Untuk Memasuki Pensiun

memasuki pensiunKamu tidak akan bekerja seumur hidup, pastinya ada masa kamu akan berhenti karena sudah masuk pada usia pensiun atau disebabkan oleh hal lain. Saat memasuki pensiun bukanlah hal yang buruk, tergantung kamu bagaimana di saat produktif dan jika memiliki dana yang tepat. Masa-masa pensiun bisa diisi dengan kegiatan yang bikin kamu tenang. Keputusan untuk berhenti bekerja, kamu tidak akan mendapatkan penghasilan di setiap bulannya, dan banyak orang yang takut karena mereka ingin mempertahankan gaya hidupnya yang sekarang. Sebaliknya memasuki pensiun bagi sebagian adalah masa yang dinantikan, karena ini adalah masa-masa buat kamu yang ingin tenang dan dapat melakukan hal-hal yang diinginkan tanpa ada gangguan dengan kerja. Untuk ini, kamu perlu cari cadangan penghasilan yang biasa diterima semasa kerja dan dapat hidup nyaman di masa pensiun. Bagaimana caranya? Yuk, simak apa yang harus kamu untuk mendapatkan dana pensiun dengan baik dan rencana-renananya:

1. Menetapkan Tujuan Pensiun

Setelah kamu dapat tujuan pensiun yang disesuaikan dengan realita yang bisa dicapai, sehingga bisa diwujudkan. Pentingnya tujuan tersebut adalah memperhitungkan usia dimana kamu dapat memasuki pensiun dan besar simpanan kamu untuk membantu mencapai hal tersebut. Dari ini, kamu bisa tahu berapa lama kamu dapat menabung.

2. Menghitung Biaya Hidup

Biaya hidup pada masa pensiun pasti menurun dari kebutuhan kamu yang sekarang. Hal ini disebabkan karena pengeluarannya tidak berhubungan lagi dengan pekerjaan, seperti transportasi dan lainnya. Jadi dana hidup yang dibuat disesuaikan dengan tujuan awal pensiun. Setelah perkiraan besarnya pengeluaran biaya hidup di kini hari dilihat dari penghasilan dan pengeluaran kamu. Setelah pensiun, pengeluaran akan berkurang, jadi hitungan biaya pengeluaran adalah min 80% dari jumlah biaya pengeluaran di saat ini.

3. Menghitung pendapatan yang akan disisihkan

Disisihkan bedasarkan jumlah tabungan dengan lamanya yang bisa dicapai sebelum memasuki pensiun. Contohnya, jika kamu pensiun 30 tahun lagi, kamu harus menabung selama 30 tahun sesuai dengan biaya yang hendak dicapai. Kamu harus berkomitmen dan disiplin dengan rencana ini. Kamu harus lacak dan evaluasi setiap tiga atau lima tahun, tergantung apabila ada perubahan dalam rencana kamu dan juga inflasi.

4. Perlunya asuransi kesehatan dan jiwa

Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, maka perlu persiapan untuk perawatan kesehatan kamu jika jatuh sakit. Ini akan membantu kamu untuk tidak bayar terlalu mahal atau sama sekali jika harus ber obat, dan juga biaya pengobatan semakin mahal dari tahun ke tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *