Tips Keuangan Keluarga Untuk Para Ibu

keuangan keluargaBanyak orang yang memilih menjadi seorang ibu rumah tangga itu hal yang mudah, namun menjadi ibu rumah tangga adalah suatu amanah yang berat dan banyak tanggung jawab di keluarga. Menjadi ibu memang dituntut harus pandai dalam berbagai hal, termasuk hal finansial. Banyak sekali yang memandang ibu rumahan itu tidak memperdulikan dengan urusan keuangan padahal sebenarnya kamu, para ibu, adalah seorang yang hebat dalam keuangan keluarga. Jadi, apa saja yang harus kamu lakukan supaya duit belanja kita cukup?

1. Bagilah ke beberapa rekening

Saat kamu menikah dan menerima uang belanja bulanan atau gaji bulanan dari suami, masukinlah ke beberapa amplop supaya uangnya tidak bocor ke mana-mana. Contohnya, uang belanja bulanan dibagi menjadi lima amplop, pertama berisi uang arisan, uang tagihan listrik dan air, uang SPP sekolah anak, uang asuransi dan investasi dan kelima berisi uang untuk kebutuhan sehari-hari. Bila cara tersebut tidak cocok dengan kamu dan juga kurang aman, kamu bisa membaginya ke beberapa rekening bank. Dengan cara ini, keuangan keluarga akan lebih lancar dan tidak akan kesusahan untuk membayar yang diperlukan.

2. Sisihkan selembar sehari

Meskipun uang yang kamu dapatkan dari suami dan mengatur keuangan keluarga, bukan berarti kamu tidak memiliki keinginan atau cita-cita, seperti membeli gadget atau barang yang kamu inginkan. Daripada meminta dan merepotkan suami, kamu dapat menyisihkan selembar sehari dari uang belanja. Contohnya, sehari bisa menyicil Rp 20.000 maka sebulan menjadi Rp 300.000 dan setahun menjadi Rp 3.600.000. Dengan uang tersebut, kamu bisa beli barang yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi, dan sebenarnya tidak perlu modal besar dan cukup dengan modal kecil. Dan itu juga kamu bisa mendapatkan dana yang memuaskan, contohnya kamu menyisihkan Rp 300.000 per bulan dan hasilnya dalam 10 tahun, kamu dapat menjadi kurang lebih sebesar Rp 2,1 miliar.

3. Mengubah hobi menjadi penghasilan

Profesi ibu rumahan adalah profesi yang 24 jam non stop dan tanggung jawab yang berat. Bila seorang ibu ingin menambah penghasilan tanpa harus bekerja di luar rumah salah satu caranya membuat penghasilan sendiri, tapi dalam hobi kamu. Pakailah kecanggihan teknologi dan sosial media, dan kamu bisa menawarkan barang atau jasa hasil karya kamu. Ini juga bisa membantu keuangan keluarga kamu.

4. Ajak pasangan untuk berdiskusi masalah finansial

Libatkan suami atau pasangan kamu dalam mengelola keuangan keluarga. Gunakan waktu yang tepat untuk menbicara finansial. Dan kebanyakan suami menyerahkan semua urusan keuangan keluarga kepada kamu, istrinya. Tidak ada salahnya jika kamu berdiskusi tentang finansial di keluarga biar meminimalisasi pertengkaran atau kesalahpahaman.

Manajemen finansial itu menyenangkan bila tahu triknya, seperti yang disebut. Menjadi seorang ibu dan mengurus dana keluarga bukan hal yang mudah, namun bukan hal yang mustahil. Saatnya kamu tahu cara-caranya, hal ini akan menjadi mudah dan tidak akan seberat dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *