Tips Menjaga Kesehatan Untuk Anak

menjaga kesehatan anakPentingnya kesehatan bagi keluarga terutama anak, karena mereka harus belajar dari kedua orang tua secara langsung. Menjaga kesehatan untuk sang buah hati harus dengan sabar dan bertahap agar mudah dipahami. Selain itu, lihat cara ini agar hidup Anda dan keluarga lebih tenang dan seimbang.

1. Mengajak Anak Untuk Berolahraga

Cara menyenangkan menjaga kesehatan bagi anak Anda yaitu membiarkannya bermain bersama teman-teman seumuran di lingkungan rumah maupun sekolah. Selain itu ajaklah anak bersepeda atau mengisi libur akhir pekan dengan berenang. Membuat anak memiliki kegiatan fisik akan membantu pertumbuhan dan kesehatannya dengan lebih baik. Kurangi kebiasaan anak bermain gadget terlalu lama karena akan menghambat perkembangan motoric anak.

2. Menjaga Asupan Makanan

Memang tidak mudah mengajarkan anak menyukai sayur-sayuran, namun sekarang Anda bisa lebih memberikan kreativitas dalam makan siang anak. Pastikan anak mendapatkan asupan buah-buahan, daging, sayuran, dan susu secara teratur. Menjaga kesehatan anak melalui asupan makanan yang tepat untuk dapat mereka peroleh secara seimbang setiap harinya. Sebelum melakukan kegiatan anak, berikan sarapan bergizi seperti sereal atau telur mata sapi dan segelas susu agar menghasilkan energi saat mereka beraktivitas. Anda yang mengetahui apa yang dibutuhkan oleh anak, sediakan makan siang yang lengkap dengan vitamin, mineral dan nutrisi. Sehingga mengurangi anak mengonsumsi makanan tidak sehat dari jajanan yang mereka makan di sekolah

3. Mengajarkan Pola Hidup Bersih

Banyaknya penyebaran bakteri dan virus secara cepat di lingkungan sekitar Anda. Agar anak tidak sering sakit, maka sebaiknya ajarkan pola hidup bersih yang sederhana. Langkah ini tentu akan membantu menjaga kesehatan buah hati Anda, mulai dari mengajarkan anak membersihkan kamarnya sendiri seperti kasur, sampah kertas, mainan yang sudah tidak digunakan dan lain-lain. Selain itu, ajarkan anak pentingnya mencuci tangan setelah buang air maupun bermain dan tentunya saat ingin mengambil makanan. Hal sederhana tersebut dapat mengurangi faktor yang menyebabkan anak terkena penyakit.

4. Istirahat Yang Cukup

Selama masa pertumbuhan, anak harus memiliki waktu tidur yang cukup. Mengatur jadwal istirahat anak seperti melalukan tidur siang minimal 1-2 jam setiap hari. Dengan beristirahat anak akan mencegah sistem imun anak menurun. Setelah anak lelah bermain maupun melalukan kegiatan di sekolahnya maka memberikan kebiasaan tidur siang akan membantu mengembalikan stamina anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *