Yuk, Kenali Ciri-Ciri Masyarakat Madani di Indonesia!

Image result for community people free vectorApa Anda pernah mendengar istilah masyarakat madani? Istilah ini mungkin memang belum banyak diketahui banyak orang. Oleh sebab itu, di artikel ini akan dijelaskan mengenai masyarakat yang memiliki pikiran yang tinggi dan juga ciri-cirinya. Sebenarnya, pengertian dari istilah ini ialah sekumpulan masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Berdasarkan pengertian tersebut, munculah beberapa ciri masyarakat madani. berikut adalah penjelasan mengenai ciri-cirinya. Segera simak informasinya di bawah ini.

Menjunjung Tinggi Segala Nilai

Salah satu ciri masyarakat madani adalah menjunjung tinggi nilai, norma, dan hukum yang ditopang dengan iman, ilmu, dan teknologi. Artinya, masyarakat ini hidup berdasarkan aturan-aturan yang berlaku, seperti nilai, norma, dan hukum. Jadi, semua yang dilakukan berdasarkan nilai-nilai yang memang sudah ada dan ditetapkan.

Memiliki Peradaban yang Tinggi

Sebagai makhluk yang memiliki keyakinan kepada Sang Pencipta, masyarakat madani sudah membuktikan bahwa mereka merupakan golongan yang beradab dan memiliki tata krama. Tata krama yang dimaksudkan di sini bukan hanya kepada orang lain, tetapi juga kepada tuhan. Jadi bisa disimpulan bahwa masyarakat ini menjadi masyarkat yang menjunjung tinggi peradaban.

Mengedepankan Kesederajatan

Masyarakat madani menganggap bahwa status mereka sama, baik pria atau perempuan. Bila Anda juga menganggap demikian, maka Anda memiliki salah satu ciri dari masyaraka ini. Selain itu, mereka menjalankan hidupnya harus dibarengi dengan sikap jujur dan, sehingga menumbuhkan rasa saling percaya antar satu sama lain.

Ruang Publik yang Bebas

Ruang publik yang bebas atau free public sphere sesuatu yang sangat ingin dimiliki oleh masyarakat disetiap negara. Masyarakat madani ingin memiliki akses penuh terhadap kegiatan politik, menyampaikan pendapat, bekerja sama, serta mempublikasikan pendapat dan informasi kepada masyarakat luas.

Keadilan Sosial

Keadilan sosial atau social justice menjadi hak dari setiap manusia. Artinya seorang warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap negaranya. Karena, jika ingin mendapatkan hak, maka Anda harus melakukan kewajiban. Nah, masyarakat madani pun menyadari hal ini. Oleh karena itu, mereka sangat menghargai norma, nilai, dan kebudayaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *